Sabtu, 19 September 2020

Penyebab Lampu Kabin Kendaraan Beroda Empat Nyala Terus - Lampu kabin yang menyala terus sepintas memang tidak terlihat membahayakan. Namun apabila hal ini di diamkan terus menerus, pasti saja hal ini akan berimbas pada datangnya masalah-masalah lain yang sanggup merugikan anda di lalu hari.


Ya, lampu kabin yang terus menyala pasti saja akan menghabiskan sumber daya listrik di aki kendaraan beroda empat anda. Jika mesin masih menyala, pasti tidak terlalu masalah, tapi apabila mesin kendaraan beroda empat mati dan tidak ada sistem pengisian aki yang mengerjakan pekerjaan , maka aki kendaraan beroda empat sanggup tekor dan efeknya sanggup menciptakan kendaraan beroda empat mogok.

Penyebab Lampu Kabin Kendaraan Beroda Empat Nyala Terus Penyebab Lampu Kabin Kendaraan Beroda Empat Nyala Terus

Selain aki tekor dan kendaraan beroda empat mogok, lampu kabin yang terus menyala lama kelamaan juga sanggup merusak performa casing lampu kabin tersebut. Lambat laun casing lampu kabin akan menguning atau bahkan mengitam final terpapar panas yang terus menerus. Hal ini pasti saja menciptakan performa lampu kabin menjadi kurangsedap dipandang mata.

Lantas apa saja sih penyebab lampu kabin kendaraan beroda empat nayala terus? Nah pada artikel kali ini, ombro akan meningkatkan gosip duduk halangan kendaraan beroda empat mengenai penyebab lampu kabin nyala terus. Simak gosip lengkapnya dibawah ini...

1. Mekanisme geser pada saklar lampu kabin rusak


Penyebab lampu kabin kendaraan beroda empat nyala terus yang lazim terjadi ialah final mekanisme geser pada skalar lampu kabin mengalami kerusakan. Biasanya, plat yang digunakan sebagai saklar sudah bengkok dan tidak elastis sehingga dikala saklar di geser, plat tersebut tetap menempel sehingga arus listrik tetap mengalir dan menciptakan lampu kabin terus menyala.

Untuk pemeriksaannya bergotong-royong cukup mudah, tapi perlu kehati-hatian sebab sanggup menciptakan short yang sanggup menciptakan sekring lampu kabin putus atau terjadi kerusakan pada modul lampu kabin.


2. Door switch rusak


Penyebab lampu kabin kendaraan beroda empat nyala terus yang berikutnya ialah final adanya salah satu door switch (saklar pintu) yang mengalami korslet / short. Door switch ini lazim dipasang pada samping-samping pilar pintu sehingga dikala pintu ditutup door switch akan tertekan oleh pintu mobil. Selain itu, untuk mengoperasikan lampu kabin ini, lazimnya ada 3 posisi yakni OFF, ON, dan DOOR (atau ada juga sebagian yang bertuliskan AUTO).

Posisi saklar OFF memiliki arti lampu kabin mati, posisi ON memiliki arti lampu kabin menyala terus selama saklar di posisi ON. Sedangakn untuk DOOR atau AUTO memiliki arti lampu kabin akan menyala dikala salah satu pintu kendaraan ada yang terbuka.

Cara kerja door switch ini ialah di di saat pintu di tutup saklar pada door switch akan memutus relasi dengan body / rangka sehingga arus listrik tidak mengalir dan lampu kabin akan padam. Ketika pintu di buka, maka saklar door switch akan saling terhubung sehingga arus listrik mengalir dan lampu kabin menyala.

Ketika lampu kabin terus menyala dan tidak mau mati (terlebih apabila posisi saklar ada di posisi DOOR atau AUTO), hal ini menandakan ada salah satu door switch yang selalu terhubung dengan body.

Oleh sebab itu, sebagai salah satu cara untuk menyidik lampu kabin yang menyala terus ialah dengan menyidik satu persatu door switch yang ada di setiap pintu. Cukup dengan menekan tombolnya berulang kali sambil memperhatikan nyala matinya lampu kabin.

Lakukan mulai dari pintu depan kanan kiri, pintu belakang kanan kiri, atau pintu hatchback yang ada di belakang sendiri. Jika di dapatkan peruabahan pada salah satu door switch, memiliki arti door switch yang sedang di periksa ialah penyebab lampu kabin kendaraan beroda empat menyala terus.

Baca juga :


3. Modul lampu kabin error


Penyebab lampu kabin kendaraan beroda empat nyala terus yang terakhir ombro ketahui ialah final modul lampu kabin error. Ya, pada sebagian model kendaraan beroda empat masa kini, untuk pengaturan lampu kabin dan perangkat elektronik lainnya lazimnya disatukan dengan menggunakan sebuah modul elektronik.

Sebagai teladan saja pada kendaraan beroda empat MItsubishi Xpander yang menggunakan ETACS (Eletronic Time And Control Alarm System). Modul ini digunakan untuk mengerjakan pembiasaan dan pengaturan perangkat elektronik mirip lampu kabin, lampu kepala (headlamp), wiper, door lock, atau lampu sen.

Jika pada pemeriksaan skalar lampu kabin serta door switch tidak ditemukan masalah, maka modul elektronik yang error mirip inilah yang kerap menjadi penyebab mengapa lampu kabin kendaraan beroda empat nyala terus.

Untuk mengerjakan pemeriksaan modul elektronik ini pasti saja membutuhkan alat scanner, dan ini lazimnya hanya dimiliki oleh dealer resmi. Oleh sebab itu, apabila kedua pemeriksaan diatas memang sudah yakin tidak ada masalah, maka langkah terakhir ialah dengan memeriksakannya ke bengkel resmi.

Jika anda berkendara di kondisi malam hari dan mengalami duduk halangan ini, satu penyelesaian yang sanggup anda lakukan ialah dengan melepas sekring lampu kabin untuk memutus arus dan menciptakan lampu kabin padam. Dengan begitu, maka perjalanan malam anad akan tetap nayaman. Namun begitu, jangan lupa untuk menyidik kembali duduk halangan ini ke bengkel yang memang anda percaya. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon