Sabtu, 19 September 2020

6 Kesalahan Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Manual Yang Mesti Di Hindari - Untuk merawat kendaraan beroda empat supaya tetap infinit dan selalu dalam performa yang baik, selain perawatan terorganisir yang mesti dilakukan, cara mengemudi juga sanggup mensugesti keawetan komponen-komponen mobil. Ya, mengemudi memang salah satu hal yang mengasyikkan apabila dikerjakan dengan benar dan tepat.

Namun sebaliknya, jikalau mengemudi dikerjakan secara asal dan sembarang pilih bahkan mejadi kebiasaan yang terus menerus, maka tingkat kenyamanan, keamanan, serta keawetan komponen komponen kendaraan beroda empat akan cepat menurun dan rusak.

 Kesalahan Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Manual Yang Mesti Di Hindari 6 Kesalahan Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Manual Yang Mesti Di Hindari

Taukah sobat dekat apa saja kesalahan-kesalahan mengemudi kendaraan beroda empat manual yang kerap dikerjakan tanpa disadari oleh si pengemudi?

Nah, jikalau pada artikel sebelumnya ombro sudah pernah membahas 5 kesalahan dalam mengendarai kendaraan beroda empat matic, maka pada artikel kali ini ombro akan membahas apa saja kesalahan mengemudi kendaraan beroda empat manual yang seharusnya mesti dihindari. Dibawah berikut yakni 6 kesalahan mengemudi kendaraan beroda empat manual yang mesti dihindari....

1. Sering lupa untuk membebaskan rem tangan


Kesalahan mengemudi kendaraan beroda empat manual yang mesti disingkirkan pertama yakni lupa membebaskan rem tangan di saat mulai mengemudi. Ya, untuk keamanan, rem tangan umumnya dilepaskan setelah kita memasukkan gigi persneling. Hal ni yakni tindakan keamanan untuk mengantisipasi supaya kendaraan beroda empat tidak "loncat" di saat membangkitkan kendaraan beroda empat dan memindah gigi pertama kali.


Namun seringnya, kita terlupa untuk membebaskan rem tangan sehingga kendaraan beroda empat digerakkan dengan kondisi rem tangan yang masih mengunci roda. Jika mesin langsung mati pasti hal ini tidak terlalu menjadi masalah. Akan lain halnya jikalau kendaraan beroda empat masih melaju dengan rem tangan terkunci.

Selain kendaraan beroda empat yang kurang lezat di saat dipakai, banyak komponen kendaraan beroda empat yang akan rusak, ibarat misalnya rem gosong jawaban kepanasan, dan tapak ban yang habis sebagian jawaban terus bergesek dengan aspal.

Oleh lantaran yakni itu, selalu menegaskan untuk membebaskan rem tangan terlebih dahulu sebelum melepas pedal kopling untuk melajukan mobil.


2. Kaki terus menempel di pedal kopling


Kesalahan mengemudi kendaraan beroda empat manual berikutnya yang mesti disingkirkan yakni kaki yang terus menempel di pedal kopling. Memang tidak dipungkiri, reaksi untuk menekan pedal kopling akan lebih cepat di saat kaki berada lebih dekat dengan pedal kopling.

Namun, ada pengaruh yang kerap tidak kita sadari jikalau terus membiarkan kaki menempel pada pedal kopling selama kendaraan beroda empat melaju. Kerja kopling menjadi tidak sempurna jawaban adanya tekanan dari pedal. Hal ini sanggup menciptakan kampas kopling menjadi selip dan mempercepat kerusakan kopling.

Oleh lantaran yakni itu, sesaat setelah selesai mengoper gigi, ada baiknya kaki segera dipindahkan ke foot rest yang biasa dipersiapkan dekat pedal kopling sehingga pedal tidak dalam posisi stress dan sudah dalam posisi betul-betul bebas dari injakan.


3. Tangan terus memegang tuas persneling


Kesalahan mengemudi kendaraan beroda empat manual yang mesti disingkirkan berikutnya yakni tangan yang terus memegang tuas persneling. Perlu di ingat, tuas perneling bukanlah arm rest yang jikalau disandarkan tidak akan menciptakan problem di transmisi.

Tuas perneling, secara langsung akan terhubung dengan gigi-gigi transmisi. Ketika tangan kita terus menerus bersandar pada tuas persneling ini, maka pergerakan tangan yang terjadi di tuas transmisi pasti saja akan mensugesti posisi gigi di transmisi.

Pergerakan yang sedikit inilah yang lambat laun akan menciptakan komponen gear di transmisi menjadi aus dan praktis oblak. Oleh lantaran yakni itu hindarilah meletakkan tangan pada tuas persenling selama mengendarai kendaraan beroda empat manual.


4. Mengoper gigi persneling di saat rpm mesin tinggi


Mengoper gigi persneling di saat putaran rpm mesin tinggi juga kerap menjadi kesalahan yang dikerjakan di saat mengemudi kendaraan beroda empat manual. Biasanya hal ini terjadi di saat kita dalam situasi terburu-buru atau di saat ingin merasakan sensasi "mengemudi ibarat pembalap".

Padahal, mengoper gigi persneling di saat rpm mesin tinggi akan lebih banyak ruginya dibanding dengan mengoper gigi yang mengikuti anjuran pada buku owners manual masing-masing mobil.

Mengoper gigi persneling di saat rpm mesin tinggi selain akan menciptakan bahan bakar menjadi lebih boros, hal ini juga akan menciptakan komponen mesin menjalankan pekerjaan lebih berat sehingga balasannya akan mempercepat kerusakan pada mesin mobil.

Oleh lantaran yakni itu, ada baiknya untuk selalu mengikuti pedoman yang ada pada masing-masing buku owners manual masing-masing mobil.


5. Salah menempatkan posisi gigi persneling


Kesalahan lainnya yang kerap terjadi di saat mengemudi kendaraan beroda empat manual yakni salah menempatkan posisi gigi persneling selama mengemudi. Kesalahan ini akan memperpendek umur kopling dan transmisi lantaran yakni merekalah yang menjadi tumpuan utama di saat hal ini terjadi.

Di bawah berikut yakni contoh salah menempatkan posisi gigi persneling di saat mengemudi yang seharusnya anda hindari.

Menggunakan gigi tinggi di saat kecepatan kendaraan beroda empat rendah

Menggunakan gigi tinggi di saat kecepatan kendaraan beroda empat rendah sanggup merusak komponen kampas kopling lantaran yakni beban gesek yang terjadi pada kampas kopling menjadi terlalu besar dan tidak seimbang sehingga kampas menjadi aus dan tipis.

Memindahkan gigi persneling ke posisi yang rendah di saat kecepatan kendaraan beroda empat tinggi

Memindahkan gigi persneling ke posisi yang rendah di saat kecepatan kendaraan beroda empat tinggi akan merusak transmisi dan mesin jawaban adanya perbedaan putaran yang terjadi antara roda dengan mesin dan transmisi.

Baca juga :


6. Kurang sempurna mengoperasikan pedal kopling


Kesalahan mengemudi kendaraan beroda empat manual yang terakhir ombro ketahui yakni kurang tepatnya mengoperasikan pedal kopling selama mengemudi. Ya, dalam pengemudian, pengoperasian pedal kopling juga sangat mensugesti tingkat kenyamanan serta perawatan kendaraan.

Berikut beberapa contoh tindakan kesalahan yang kerap terjadi di saat mengemudi kendaraan beroda empat manual yang seharusnya anda hindari.

Tidak menekan pedal kopling secara sarat di saat mau oper gigi persneling

Menekan pedal kopling setengah-setengah di saat oper gigi persneling akan membuatkan goresan yang terjadi pada kampas kopling. Selain itu, komponen syncrhomesh juga akan terpengaruh lantaran yakni putaran gear tidak sepenuhnya bebas dari putaran mesin.

Terburu-buru dalam melepas pedal kopling

Terburu-buru dalam melepas pedal kopling juga akan merusak kampas kopling, terutama pada komponen torsion dumper yang berupa pegas atau karet bushing. Kedua komponen tersebut akan rusak jawaban besarnya perbedaan hentakan yang terjadi antara flywheel dengan input shaft transmisi.

Mengandalkan setengah kopling di saat berada di tanjakan macet

Setengah kopling di saat tanjakan macet memang terasa lebih praktis dalam menertibkan posisi mobil. Namun hal ini akan memperberat kerja kampas kopling. Kampas kopling sanggup rusak jawaban panas dan goresan yang terjadi diantara flywheel dengan kampas kopling. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon