Sabtu, 19 September 2020

Fungsi Ball Joint Pada Kendaraan - Ball joint secara umum banyak di peroleh pada unsur suspensi kendaraan. Umumnya ball joint dipasang menyatu dengan unsur suspensi yang lain seolah-olah misalnya pada lower arm (lengan ayun bawah) atau pada upper arm (lengan ayun atas).


Selain lower arm dan upper arm, ball joint ini juga sanggup kita peroleh pada stabilizer, link, tie rod (long tie rod dan tie rod end), atapun pada lateral arm. Baca : Jenis dan macam ball joint yang ada pada tata cara suspensi.

 Ball joint secara umum banyak di peroleh pada unsur suspensi kendaraan Fungsi Ball Joint Pada Kendaraan

Ball joint pada suspensi kendaraan sanggup diibaratkan sebagai engsel yang menyatukan dua buah lengan tetapi tetap menawarkan fleksibilitas pada masing masing lengan untuk sanggup bergerak sesuai dengan arah gerak engsel tersebut.

Dengan begitu, maka getaran dan guncangan yang terjadi antara ban sanggup dengan disalurakan tanpa merusakkan unsur lengan (arm) yang ada. Lantas apa sih fungsi ball joint pada kendaraan? Simak penjelasan dibawah berikut mengenai fungsi ball joint pada kendaraan....

Sumbu putar di di saat roda berbelok


Fungsi ball joint yang paling umum ialah sebagai sumbu putar di di saat roda kendaraan beroda empat berbelok. Ya, di di saat roda dibelokkan ke kanan atau ke kiri, ball joint akan menjadi sumbu putar unsur knuckle arm (komponen yang menjadi kawasan kedudukan roda dan rem mobil).

Komponen knuckle ini pada potongan atasnya terhubung dengan upper arm sedangkan potongan bawahnya terhubung dengan lower arm. Kedua arm yang ada (upper arm dan lower arm) memiliki ball joint yang bergerak serentak di di saat knuckle arm bergeser.

Dengan begitu maka kedua ball joint ini akan menjadi sumbu putar di di saat roda berbelok ke kanan ataupun ke kiri.


Mengikat komponen-komponen suspensi dengan knuckle


Fungsi ball joint yang selanjutnya ialah sebagai unsur yang mengikat dan menghubungkan komponen-komponen suspensi yang lain baik dari knuckle arm ke body ataupun knuckle arm ke unsur tata cara steering kendaraan. Dengan adanya ball joint, maka unsur suspensi dan steering di kendaran akan saling terikatdan terhubung satu sama lainnya.

Meskipun komponen-komponen suspensi ini saling terikat, tetapi ball joint sanggup menciptakan komponen-komponen suspensi ini bergerak bebas mengikuti gerakan roda di di saat melaju di jalan bergelombang atau di di saat berbelok sekaligus mempertahankan kedudukan unsur pada body kendaraan.

Baca juga :

Tumpuan untuk menahan beban vertikal dan lateral


Fungsi ball joint yang terakhir ombro ketahui ialah sebagai contoh untuk menahan beban vertikal dan beban lateral yang diterima roda dari jalan. Ketika roda melaju di jalan bergelombang, beban vertikal yang muncul dari body dan roda kendaraan akan bertumpu pada ball joint ini.

Begitupula di di saat roda kendaraan beroda empat dibelokkan , maka beban lateral akan dibebankan kepada ball joint untuk menghalangi penyimpangan arah gerak dan laju roda kendaraan. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon