Jumat, 18 September 2020

Cara Reset Isc Avanza - Salah satu duduk permasalahan biasa yang kerap dihadapi oleh kendaraan beroda empat avanza ataupun mobil-mobil bersistem EFI lainnya yakni rpm naik turun. Penanganan biasa yang kerap dikerjakan yakni dengan melaksanakan pembersihan Throttle body ataupun merubah komponen yang bernama Idle Speed Control valve (ISC) motor.


Namun dalam pelaksanaannya, tak jarang setelah dikerjakan pembongkaran dan penggantian ISC valve motor, rpm idling mesin masih tetap ber-ulah. Yang sering terjadi yakni rpm mesin akan tetap tinggi dan tidak mau turun-turun. Untuk menangani duduk permasalahan ini, salah satu cara termudahnya yakni dengan melaksanakan reset, baik pada ECU ataupun ISC nya.

Namun sebelumnya, sesaat setelah proses bongkar pasang ISC motor, ECU secara otomatis akan melaksanakan inisialisasi atau penetapan nilai awal posisi ISC valve terhadap lubang di Throttle body. Inisialisasi ISC ditandai dengan datangnya suara dan getaran dari badan ISC yang sanggup kita dengar dan rasakan setelah ISC terpasang.

 Salah satu duduk permasalahan biasa  yang kerap dihadapi oleh kendaraan beroda empat avanza ataup Cara Reset Isc Avanza

Inisialisasi ini kadang langsung berjalan kadang tidak. Nah, jikalau porses inisialisasi ISC tidak secaar otomatis berjalan, maka kita perlu melakukannya secara manual. Berikut langkah yang dikehendaki untuk inisialisasi ISC.
  • Putar kunci kontak ke posisi ON (5 detik)
  • Putar kunci kontak ke posisi OFF (15 detik)
  • Putar kunci kontak ke posisi ON, START, dan hidupkan mesin

Jika proses inisialisasi ISC ini juga tidak sanggup berjalan dengan masuk akal dan di dikala mesin dihidupkan rpm idling masih tetap tinggi, maka diperlukanlah reset ISC. Bagaimana cara reset ISC avanza? Simak penjelasan cara reset ISC avanza dibawah berikut ini...

1. Putar kunci kontak ke posisi OFF


Langkah pertama yang perlu dikerjakan sebagai cara me-reset isc avanza yakni dengan memutar kunci kontak pada posisi OFF untuk memutus seluruh ajaran listrik dari aki ke komponen kelistrikan lainnya di mobil.


2. Lepas klem pengikat terminal aki negatif


Setelah kunci kontak di OFF-kan, langkah selanjutnya yang pelu dikerjakan yakni melepas klem aki negatif. Gunakan kunci 10mm untuk mengendorkan baut pengikat klem lalu lepaskan kabel negatif yang menempel di terminal negatif aki.


3. Putar kunci kontak ke posisi ON


Saat klem aki negatif sudah terlepas, putar kembali kunci kontak ke posisi ON. Biarkan sesaat kondisi ini (klem aki negatif terlepas, kunci kontak posisi ON) dan tunggulah sekitar 10-15 detik.


4. Pasang klem aki negatif


Setelah 15 detik, pasanglah kembali klem aki negatif dan kencangkan sesuai dengan momen pengencangan yang diusulkan (atau kencangkan seckupnya). Saat memasang klem aki negatif ini, biarkan posisi kunci kontak tetap pada posisi ON.

Ketika kita mulai menempelkan klem aki negatif ke terminal aki, seharusnya pada badan ISC muncul getaran dan bunyi. Hal ini masuk nalar dan menunjukan bahwa ECU sedang melaksanakan inisialisasi pada ISC sehingga ISC sanggup kembali melaksanakan pekerjaan dengan normal.


5. Putar kunci kontak ke posisi START dan hidupkan mesin mobil


Setelah pemasangan klem aki negatif selesai, putar kunci kontak dari posisi ON langsung ke posisi START untuk menstarter dan membangkitkan mesin. Jika kondisi suhu mesin dingin, umumnya akan terjadi peningkatan rpm dari rpm idling selama beberapa di dikala dan kembali ke posisi rpm masuk akal (750-850 rpm)

Baca juga :

Umumnya cara reset ISC avanza ibarat ini sudah sanggup menangani menanggulangi duduk permasalahan rpm avanza yang tetap tinggi setelah bongkar pasang ISC . Namun, jikalau cara reset isc avanza ini masih gagal dan rpm mesin masih tetap tinggi, maka ada baiknya untuk melaksanakan pemeriksaan kembali kondisi pemasangan ISC.

Berikut beberapa kesalahan yang kerap terjadi di dikala pemasangan ISC
  • Karet seal sudah rusak dan tidak diganti baru sehingga udara bocor
  • Lubang ISC di throttle body ada kotoran sehingga menggajal pintle penutup lubang ISC.
  • ISC yang digunakan memiliki ukuran bertentangan sehingga tidak sesuai dengan lubang didalam throttle body.
  • Pemasangan socket ISC kendor atau kurang kencang.

Demikianlah tips dan cara reset ISC avanza yang sanggup ombro sampaikan, semoga sanggup berharga dan sanggup menambah wawasan pembaca sekalian. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon