Minggu, 13 September 2020

Cara Menangani Lampu Mundur Mati Pada Kendaraan Beroda Empat Avanza - Lampu mundur berfungsi sebagai sinyal gosip kepada orang lain bahwa kendaraan beroda empat yang kita kendarai akan bergerak mundur. Umumnya, lampu mundur menggunakan warna putih, selain alasannya merupakan aturan yang berlaku, warna putih pada lampu mundur juga berfungsi untuk menerangi jalan dibelakang saat kondisi gelap mirip malam atau saat berada di basement.


Meskipun lampu mundur ini tidak sepenting lampu sein dan lampu kepala, tetapi lampu mundur yang mati tetap saja akan membahayakan bagi si pengendara ataupun orang lain disekitar kendaraan ini.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan membahas bagaimana sih cara mengatasi lampu mundur mati pada mboil avanza? Simak langkah-langkah mengatasi lampu mundur mati mirip dibawah berikut ini.


1. Periksa sekring/Fuse lampu mundur


Langkah pertama dan paling simpel untuk mengatasi lampu mundur mati yaitu dengan menyidik kondisi sekring / fuse. Ya, salah satu penyebab lampu mundur avanza mati yaitu selesai sekring lampu mundurnya putus.

Pada kendaraan beroda empat avanza, kode sekring lampu mundur avanza ini ditandai dengan kode IG1/BACK dengan ukuran 7.5 Ampere dan berwarna coklat. Sekring lampu mundur avanza ini terletak pada fusebox (bok sekring) yang terletak di dalam kabin mobil, tepatnya terletak dibawah setir pecahan kanan, dekat dengan posisi kaki kanan supir. Baca: Arti kode sekring kendaraan beroda empat toyota avanza berikut posisinya

Cara Menangani Lampu Mundur Mati Pada Kendaraan Beroda Empat Avanza Cara Menangani Lampu Mundur Mati Pada Kendaraan Beroda Empat Avanza

Sekring yang putus akan menyebabkan aliran listrik dari aki kendaraan beroda empat menuju lampu mundur menjadi terputus dan tidak sanggup mengalir sehingga lampu mundur tidak akan menyala. Periksalah sekring tersebut, jika putus segera ganti dengan sekring yang ukurannya sama kemudian periksa kembali apakah lampu mundur sudah menyala atau belum.

Jika lampu mundur sudah menyala, maka duduk halangan hanya dari sekringnya saja. Namun, jika lampu mundur masih belum menyala simak langkah kedua dibawah berikut.


2. Periksa bohlam lampu mundur


Langkah berikutnya sebagai cara mengatasi lampu mundur mati pada kendaraan beroda empat avanza yaitu dengan mengerjakan pemeriksaan pada bohlam lampu mundur. Sebaiknya anda membuka rear combination lamp dan mengeluarkan bohlam lampu mundur dari casingnya untuk menetapkan pemeriksaan dilakukan dengan benar.

Bohlam lampu mundur kendaraan beroda empat avanza menggunakan bohlam lampu tipe wedge base bening (tipe lampu yang dikenal sebagai tipe lampu bohlam cucuk atau cumi). Daya yang digunakan untuk lampu mundur kendaraan beroda empat avanza ini yaitu sebesar 16 watt.

Cara Menangani Lampu Mundur Mati Pada Kendaraan Beroda Empat Avanza Cara Menangani Lampu Mundur Mati Pada Kendaraan Beroda Empat Avanza

Periksalah kondisi lampu mundur dengan cermat, jika terlihat lampu tampak menghitam atau kawat filamen di dalamnya putus, maka anda mesti menggantinya dengan bohlam lampu yang baru yang tipenya sama mirip yang sudah saya sebutkan diatas.

Jika, tidak putus, perhatikanlah posisi pemasangan bohlamnya apakah terpasang dengan benar atau tidak, periksa juga kondisi soket lampunya, apakah cacat atau tidak. Jika lampu baru sudah dipasang tetapi lampu mundur masih tetap mati, laksanakan langkah berikutnya dibawah berikut


3. Periksa saklar/switch lampu mundur


Jika lampu mundur masih mati dan belum mau menyala, langkah berikutnya yaitu dengan menyidik saklar/switch lampu mundur. Switch ini letaknya ada dibagian transmisi. Letak switch lampu mundur avanza ini lazimnya ada di sisi sebelah kiri di transmisi. Perhatikan letak switch lampu mundur avanza mirip pada gambar dibawah berikut ini

Cara Menangani Lampu Mundur Mati Pada Kendaraan Beroda Empat Avanza Cara Menangani Lampu Mundur Mati Pada Kendaraan Beroda Empat Avanza

Untuk pemeriksaan yang benar, seharusnya kita membuka switch dan mengukurnya dengan menggunakan avometer. Jika saklar sanggup terhubung dan terputus saat diukur, ini menandakan saklar dalam kondisi baik dan normal.

Namun, jika kita tak punya avometer, kita sanggup menggunakan seutas kabel yang sudah dikupas pecahan ujungnya (bisa juga menggunakan kawat atau paper clip). Selain lebih mudah, cara ini juga ampuh untuk menetapkan apakah penyebab lampu mundur mati ini dari switch atau bukan. Berikut caranya :
  • Pastikan bohlam lampu mundur sudah terpasang.
  • Lepas socket konektor switch lampu mundur di transmisi.
  • Pilih socket yang mengarah ke kabel-kabel kendaraan beroda empat (bukan yang mengarah ke saklar/switch mundur).
  • Sambungkan kedua pin konektor dalam soket tersebut dengan kabel yang sudah kita siapkan sebelumnya.
  • Putar kunci kontak ke posisi ON.
  • Perhatikan lampu mundurnya.
Jika lampu mundur menyala, maka saklar/switch lampu mundur mempunyai problem dan perlu diganti. Jika tidak menyala, maka lanjutkan pemeriksaan terakhir dengan langkah dibawah berikut.

Baca juga :


4. Periksa ground dan jalur kelistrikan lampu mundur


Cara Menangani Lampu Mundur Mati Pada Kendaraan Beroda Empat Avanza Cara Menangani Lampu Mundur Mati Pada Kendaraan Beroda Empat Avanza

Langkah terakhir sebagai cara mengatasi lampu mundur mati yaitu dengan menyidik grounding lampu serta jalur kelistrikan untuk lampu mundur kendaraan beroda empat sobat. Periksalah socket-soket sambungan serta untuk lampu mundur, menentukan tidak ada yang terputus.

Jika hal ini dirasa menyulitkan, maka ada baiknya mitra membawa mobilnya ke bengkel-bengkel kendaraan beroda empat terdekat yang paham untuk mengatasi lampu mundur mati ini. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon