Selasa, 22 September 2020

Cara Cek Idle Speed Control (Isc) Avanza Dengan Multimeter - Idle Speed Control (ISC) yakni sebuah aktuator yang berfungsi untuk mengatur jumlah udara masuk biar kondisi rpm idling mesin sanggup tetap dipertahankan pada kondisi rpm ideal. ISC dikontrol secara langsung oleh ECM/ECU mesin menurut data input dari bervariasi sensor EFI yang ada ibarat Crankshaft position sensor, Camshaft position sensor, Speed sensor, MAF sensor, dan lain-lain.


Jika ISC ini mengalami kerusakan maka akan muncul gejala yang sanggup kita rasakan di mesin. Berikut beberapa gejala di mesin yang kerap terjadi dikala ISC rusak :
  • Rpm mesin naik turun tidak stabil
  • Rpm mesin turun dan drop dikala jalan pelan
  • Mesin sering mati di dikala idling terlebih dikala AC hidup

Untuk penjelasan yang lebih lengkapnya silahkan baca pada artikel Ciri-ciri ISC kendaraan beroda empat rusak yang sudah pernah ombro posting sebelumnya.

Dalam artikel ciri-ciri isc rusak tadi, dipaparkan bahwa terdapat gejala fisik yang sanggup kita lihat secara langsung apabila isc sudah dalam kondisi yang rusak, tapi begitu, untuk menyeleksi kondisi ISC rusak atau tidak, maka kita perlu mengerjakan pengukuran nilai tahanan pada isc tersebut. Simak cara cek idle speed control (ISC) avanza dengan multimeter ibarat dibawah berikut...

Cara cek ISC Avanza dengan multimeter


Perhatikan langkah-langkah dibawah berikut ini untuk memeriksa Idle Speed Control (ISC) Avanza dengan multimeter :
  1. Posisikan kunci kontak ke posisi LOCK atau OFF
  2. Lepas terminal negatif aki kendaraan beroda empat biar terhindar dari short circuit
  3. Lepaskan socket ISC yang menempel
  4. Siapkan multimeter untuk pengukuran nilai tahanan (Ohm)
  5. Lakukan zero kalibrasi pada multimeter biar hasil pengukuran akurat
  6. Ukurlah nilai tahanan ISC melalui masing-masing pin terminal ISC dan sesuaikan dengan nilai tabel dibawah ini
    Pin terminal yang diukur Suhu / temperatur ukur Nilai tahanan
    1 - 3 27˚C (81˚F) 45.6 - 50.4 ohm
    2 - 4 27˚C (81˚F) 45.6 - 50.4 ohm
  7. Perhatikan posisi pin ISC dan probe multimeter dikala pengukuran ibarat gambar dibawah ini, catatan: polaritas min dan plus probe multimeter bebas.
     yakni sebuah aktuator yang berfungsi untuk mengatur jumlah udara masuk biar kondisi rpm Cara Cek Idle Speed Control (Isc) Avanza Dengan Multimeter
  8. Jika dikala pengukuran nilai tahanan ISC ini tidak sesuai dengan nilai pada tabel diatas (seperti contohnya dikala diukur nilainya 0 ohm atau sudah lebih dari 60 ohm), maka ISC dianggap sudah rusak dan tidak sanggup digunakan lagi. Anda harus merubah ISC tersebut dengan yang baru.
  9. Jika sudah final pemeriksaannya, kerjakan pemasangan kembali dengan urutan yang terbalik dari cara pembongkaran.

Baca juga :

Catatan:
Selain pemeriksaan nilai tahanan, ada baiknya untuk melepas ISC dari mesin guna menyelediki kondisi ujung pintle dan gerak motor ISC. Selain itu kerjakan pembersihan secukupnya untuk menyeleksi ISC sanggup mengerjakan pekerjaan dengan normal.

Demikianlah artikel perihal cara cek Idle Speed Control (ISC) Avanza dengan multimeter yang sanggup ombro sampaikan. Semoga sanggup bermanfaat. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon