Selasa, 22 September 2020

3 Macam Lem Gasket Terbaik Untuk Perbaikan Mesin Mobil - Lem gasket atau dikenal dengan perumpamaan gasket cair, FIPG (Form In Place Gasket), liquid gasket, dan lain-lain, yakni material cair yang akan mengental dan keras setelah dipakai untuk menghambat kebocoran selama jangka waktu tertentu. Biasanya, dipakai pada dua pecahan yang akan akan disatukan dengan tujuan biar tidak terjadi kebocoran dari pecahan tersebut.

Oleh karenanya, lem gasket harus tahan terhadap perubahan suhu mesin serta tahan terhadap tekanan yang terjadi di dalamnya.

Jumlah dan jenis dari lem gasket ini sangatlah beragam, baik mereknya, warnanya, fungsinya, serta kegunaannya. Ya, untuk penggunaan lem gasket ini memiliki keterampilan yang berlawanan beda , ada yang tahan panas ada yang tidak, ada yang warna merah, hitam, dan ada juga yang berwarna abu-abu.


Jika lem gasket ini dikaitkan dengan bidang otomotif mobil seumpama penggunaannya pada dikala perbaikan mesin, maka secara biasa ada 3 jenis lem gasket yang paling sering digunakan. Berikut yakni 3 macam lem gasket yang anggun dipakai untuk perbaikan mesin mobil menurut pengalaman yang sudah ombro ketahui, simak infonya dibawah ini...

1. Lem merah (Threebond High Temp RTV Silicone No.2 Red)


Lem gasket cair terbaik pertama yang lazim dipakai untuk perbaikan mesin mobil yakni Lem merah. Merek lem merah ini ada bermacam-macam jumlahnya, tetapi yang paling biasa dan yang paling banyak dipakai yakni Threebond High Temp Silicone No.2 Red.

 Macam Lem Gasket Terbaik Untuk Perbaikan Mesin Mobil 3 Macam Lem Gasket Terbaik Untuk Perbaikan Mesin Mobil

Lem gasket jenis ini dikenal dengan perumpamaan lem merah lantaran pasta / gasket yang dipakai berwarna merah. Selain berwarna merah, tekstur dari lem ini sedikit lebih kental sehingga tidak praktis mencair dikala digunakan, selain itu lem ini tidak berbau menyengat seumpama cuka. Setelah lem gasket ini kering total, lem gasket ini akan berubah menjadi kenyal.

Lem merah memiliki keterampilan untuk dipakai pada komponen yang memiliki temperatur tinggi mencakup untuk menghambat kebocoran air dan minyak pelumas. Untuk penggunaannya, fungsi lem merah ini lebih banyak dipakai pada perbaikan mesin yang menyangkut cooling system (sistem pendingin) mesin atau yang relevan dengan air, contohnya:
  • Digunakan untuk merekatkan selang-selang radiator
  • Digunakan untuk merekatkan waterpipe dengan waterpump
  • Digunakan untuk merekatkan waterpump ke blok mesin
  • Digunakan untuk merekatkan casing penutup thermostat

Meskipun lebih banyak dipakai pada metode pendingin, lem merah ini juga kerap dipakai pada oil pan (carter oli) khususnya untuk mesin-mesin yang blok mesinnya masih yang dibuat dari materi cast iron (besi campuran).

Berdasarkan pengalaman yang ombro alami, lem gasket model ini kurang cocok untuk dipakai pada komponen-komponen yang yang dibuat dari materi alumunium alloy yang melindungi kebocoran ATF (oli matic) seumpama pada casing torcon di transmisi otomatis atau pada carter oli transmisi otomatis.


2. Lem abu-abu (ThreeBond 1215)


Lem gasket cair terbaik berikutnya yang lazim dipakai untuk perbaikan mesin mobil yakni lem abu-abu. Untuk lem abu-abu ini ada dua merek yang familiar ombro gunakan yaitu, Threebond High Temp RTV Silicone No.1 Grey dan ThreeBond 1215. Namun dari kedua merek tadi, ThreeBond 1215 yakni lem gasket pilihan.

 Macam Lem Gasket Terbaik Untuk Perbaikan Mesin Mobil 3 Macam Lem Gasket Terbaik Untuk Perbaikan Mesin Mobil

Disebut lem abu-abu lantaran lem gasket ini berwarna abu-abu. Teksturnya tidak kenyal dan cenderung lebih cair jikalau daripada lem merah. Selain itu, lem abu-abu ini memiliki tingkat perekatan yang lebih baik. Untuk penggunaannya, lem abu-abu ini lebih cocok dipakai pada bagian-bagian mesin yang berbahan alumunium alloy, contohnya:
  • Digunakan untuk merekatkan oil pan ke blok mesin berbahan alumunium alloy
  • Digunakan untuk merekatkan casing cover timing chain
  • Digunakan untuk merekatkan casing rear engine oil seal
  • Digunakan untuk merekatkan casing front engine oil seal

Pada beberapa penggunaan, lem gasket abu-abu ini juga kerap dipakai untuk penyekatan di komponen transmisi otomatis seumpama pada casing depan penutup torcon atau pada pecahan belakang casing transmisi.

Berdasarkan pengalaman ombro, lem abu-abu ini kurang cocok dipakai untuk merekatkan oil pan ke blok mesin yang berbahan cast iron (besi campuran) lantaran lem gasket ini sifatnya lebih cair sehingga lebih tipis dan lebih praktis mengalami kebocoran jikalau dipakai untuk menyekat oil pan mesin.

Baca juga :


3. Lem Indian (Permatex Indian Head Gasket Shellac Compound)


Lem gasket cair terbaik berikutnya yang lazim dipakai untuk perbaikan mesin mobil yakni lem indian. Dikenal dengan lem indian lantaran prioduk yang kondang untuk lem gasket ini terdapat gambar kepala orang indian dengan gesekan pena INDIAN HEAD. Sebenarnya, nama lem gasket ini yakni GASKET SHELLAC, dan untuk merknya sendiri ada yang bergambar kepala singa, kepala elang, atau hanya gesekan pena gasket shellac.

 Macam Lem Gasket Terbaik Untuk Perbaikan Mesin Mobil 3 Macam Lem Gasket Terbaik Untuk Perbaikan Mesin Mobil

Kegunaan lem gasket shellac ini yakni untuk melapisi gasket perpak blok mesin (gasket cylinder head) biar terhindar dari kebocoran oli, udara, ataupun air. Untuk penggunaannya cukup dengan mengoleskan lem gasket shellac ini di seluruh permukaan cylinder head gasket sebelum dipasang ke blok mesin.

Gasket shellac ini seringnya dipakai di dikala mesin mengalami kasus kembali dan perlu dilaksanakan pembongkaran ulang. Untuk meminimalkan biaya pembelian gasket perpak yang baru, maka gasket shellac ini kerap dijadikan solusi biar terhindar dari kebocoran yang terjadi pada gasket perpak yang dipasang.

Meskipun begitu, dikala pemasangan awal cylinder head gasket ini (baik yang model asbes atau model plat seng), kita harus tetap mengacu pada buku tutorial service masing-masing kendaraan lantaran banyak pabrikan yang tidak merekomendasikan penggunaan gasket shellac ini dikala pemasangan cylinder head gasket.

Demikianlah artikel wacana 3 macam lem gasket yang anggun dipakai untuk perbaikan mesin mobil ini sanggup ombro sampaikan, semoga sanggup bermanfaat. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon