Minggu, 13 September 2020

Ongkos Ganti Kampas Kopling Kendaraan Beroda Empat - Biaya penggantian kopling kendaraan beroda empat biasanya sangat tergantung dari banyak hal, kadang sanggup murah, kadang sanggup mahal. Ada beberapa faktor penting yang hendak mensugesti besarnya ongkos ganti kampas kopling mobil.

Seperti misalnya, harga yang disediakan oleh bengkel resmi pasti saja akan lebih mahal dibanding dengan harga yang disediakan oleh bengkel lazim alasannya merupakan biasanya, bengkel resmi menawarkan jaminan baik pada mutu pengerjaan, mutu barang/parts, serta keakuratan dalam pemasangan.

Ongkos Ganti Kampas Kopling Kendaraan Beroda Empat  Berapa Ongkos Ganti Kampas Kopling Kendaraan Beroda Empat ?

Namun begitu, banyak juga bengkel lazim yang turut menawarkan jaminan pembuatan layaknya bengkel resmi tapi tidak pada spare partnya, sehingga disini, dikehendaki kehati-hatian dalam menentukan bengkel lazim supaya sanggup memperoleh harga yang lebih ramah biaya ongkos tapi tetap berkualitas layaknya bengkel resmi.

Berikut beberapa faktor yang sanggup menjadi penentu ongkos ganti kampas kopling mobil
  1. Bengkel kendaraan beroda empat yang dipilih bengkel resmi atau bengkel umum.
  2. Spare part yang dipakai genuine part atau non genuine part
  3. Jenis kendaraan beroda empat dan tata cara kopling yang digunakan
  4. Ada atau tidaknya kerusakan embel-embel pada komponen lain yang masih berafiliasi dengan tata cara kopling kendaraan beroda empat anda.
Keempat hal diatas sangat mensugesti besaran ongkos yang harus dikeluarkan saat mengerjakan penggantian kampas kopling mobil. Oleh balasannya kita perlu mengerti berapa banyak budget ongkos perbaikan yang kita miliki supaya perbaikan yang dilakukan sanggup maksimal.

Secara umum, terdapat dua jenis ongkos yang hendak dikenakan saat mengerjakan perbaikan di bengkel, pertama yaitu ongkos spare part , kedua yaitu ongkos jasa. Pada bengkel resmi ada penambahan ongkos pajak sebesar 10%. Berikut ini yaitu contoh pikiran ongkos ganti kampas kopling kendaraan beroda empat yang lazim ditemukan dibengkel resmi ataupun bengkel umum.



Biaya spare part ganti kampas kopling mobil


Dalam penggantian kampas kopling kendaraan beroda empat biasanya bengkel akan mengerjakan pemeriksaan lebih cermat terhadap seluruh tata cara kopling kendaraan beroda empat sehingga sanggup dipastikan spare part apa saja yang hendak diganti.

Berikut beberapa contoh sparepart yang diganti saat penggantian kampas kopling dimana serpihan ini kerap disebut kopling set
  1. Kampas kopling (clutch disc)
  2. Rumah kopling (clutch cover)
  3. Klaher kopling (release bearing)
Berikut beberapa contoh ongkos spare part kopling set untuk merek yang berbeda yang ombro sadur dari beberapa toko online dan marketplace yang ada ibarat bukalapak dan tokopedia

No. Tipe Harga
1 Kopling Set Avanza xenia Rp. 1.350.000
2 Kopling Set Hyundai TRAJET Rp. 1.500.000
3 Kopling Set Vios Rp. 1.080.000
4 Kopling Set Suzuki Ertiga Rp. 1.750.000
5 Kopling Set Honda BRIO, Mobilio, Jazz Rp. 1.750.000
6 Kopling Set Xpander Rp. 2.500.000
*Harga diatas tidak mengikat dan sanggup berganti sewaktu-waktu

Namun begitu, pada bengkel resmi kerap dilakukan penawaran penggantian untuk beberapa komponen kopling embel-embel menurut kerusakan yang terjadi, berikut beberapa komponen embel-embel yang kerap disediakan dalam penggantian kampas kopling kendaraan beroda empat (tergantung dari model kopling kendaraan beroda empat yang digunakan) :
  1. Pilot bearing (bearing input shaft) ; bearing tempat dudukan input shaft transmisi (pada beberapa tipe kendaraan beroda empat ada yang tidak menggunakan pilot bearing ini)
  2. Seal crankshaft ; Seal untuk menghalangi oli mesin bocor, letaknya ada dibagian belakang flywheel.
  3. Release fork (garpu pembebas) dan pivot ; garpu dudukan release bearing, diganti jikalau lubang pivot sudah aus (bagian ini sering menghasilkan bunyi-bunyi saat kopling diinjak).
  4. Oli transmisi ; Umumnya, oli transmisi akan dikeluarkan saat pembongkaran kopling, dan jikalau dilihat kotor atau sudah waktunya diganti maka akan ikut disarankan untuk diganti.

Baca juga :

Berikut ini yaitu contoh gambaran ongkos ganti kampas kopling kendaraan beroda empat untuk kendaraan beroda empat suzuki futura SL415 pick up (harga dibawah mengikuti e-parts suzuki yang diakses secara online tanggal 18 Februari 2020 dan sanggup berubah-ubah sewaktu-waktu)

Harga spare part ganti kampas kopling kendaraan beroda empat futura

No Spare parts Harga
1 Clutch disc Rp.    550.000,-
2 Clutch cover Rp.    650.000,-
3 Clutch release bearing Rp.    385.000,-
4 Pilot bearing (bearing input shaft) Rp.     33.000,-
5 Rear engine oil seal (seal oli mesin) Rp.    204.500,-
6 Oli Transmisi SGO 75W-80 GL4 2 liter Rp.    200.000,-
Total Rp. 2.020.500,-
*Harga diatas tidak mengikat dan sanggup berganti sewaktu-waktu

Maka, ongkos spare part untuk ganti kampas kopling kendaraan beroda empat suzuki futura diatas yaitu sebesar Rp.2.020.500,-. Jika dilakukan pengantian di bengkel resmi, maka mitra akan dikenakan pajak sebesar 10% dari ongkos tersebut.

Namun umumnya, penambahan pajak ini akan dihitung bersama-sama dengan ongkos jasa bongkar pasang kampas kopling kendaraan beroda empat ini. Jika ada penambahan spare part selain diatas, maka pasti saja akan ada lagi embel-embel ongkos yang diperlukan.


Biaya jasa ganti kampas kopling mobil


Untuk ongkos jasa ganti kampas kopling kendaraan beroda empat ini juga sangat tergantung dari jenis kendaraan beroda empat yang dikerjakan, ada jenis kendaraan beroda empat yang ongkos jasanya murah, ada pula jenis kendaraan beroda empat yang ongkos jasanya mahal.

Secara umum, ongkos jasa ganti kampas kopling kendaraan beroda empat untuk bengkel resmi berkisar diharga Rp.800.000,- hingga Rp.900.000,- sedangkan untuk bengkel lazim berada dikisaran Rp.350.000 hingga Rp.500.000,-

Sebagai contoh kali ini, maka kita gunakan kembali kendaraan beroda empat suzuki futura dalam menjumlah ongkos ganti kampas kopling kendaraan beroda empat ini. Karena kendaraan beroda empat jenis suzuki futura ini meliputi kendaraan beroda empat kelas dasar, maka harga yang disediakan relatif lebih murah.

Untuk bengkel resmi, kisaran ongkos jasa bongkar pasang kampas kopling kendaraan beroda empat suzuki futura ini berkisar diantara harga Rp.400.000,- hingga Rp.600.000,- (untuk penghitungan kita ambil tengahnya , yaitu Rp.500.000,-). Sedangkan untuk bengkel umum, besaran ongkos ganti kampas kopling kendaraan beroda empat ini berkisar diantara Rp.200.000,- hingga Rp.300.000,-.


Berikut ini yaitu contoh total ongkos ganti kampas kopling kendaraan beroda empat suzuki futura jikalau dilakukan di bengkel resmi

No Biaya Perbaikan Harga
1 Spare parts Rp. 2.020.500,-
2 Jasa Rp. 500.000,-
Subtotal Rp. 2.520.500,-
3 Ppn 10% Rp. 252.050,-
Total Rp. 2.772.550,-
*Harga diatas tidak mengikat dan sanggup berganti sewaktu-waktu

Maka, total ongkos spare part dan jasa ganti kampas kopling kendaraan beroda empat futura untuk artikel kali ini berada di kisaran harga Rp 2.772.550,-

Harga diatas pasti saja bukan harga resmi yang mengikat alasannya merupakan sangat tergantung dari 4 hal ibarat yang sudah ombro sampaikan diatas sebelumnya. Harga ini sanggup saja kurang apabila dilakukan di bengkel umum, menggunakan sparepart non genuine, serta tidak seluruh parts diganti. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon