Minggu, 13 September 2020

Tujuan Dan Fungsi Clutch Aligning Tool Serta Cara Menggunakannya - Clutch aligning tool atau yang kerap disebut dengan clutch center ialah salah satu alat special service tool (SST) yang lazim dimiliki oleh bengkel-bengkel resmi. Alat ini digunakan di di saat pemasangan kampas kopling mobil. Clutch aligning tool sanggup dibilang ialah alat yang dibikin seakan-akan input shaft transmisi.


Dan alasannya yakni bentuk model input shaft transmisi kendaraan beroda empat berbeda-beda, maka model dan bentuk dari clutch aligning tool ini juga berbeda-beda antara satu kendaraan beroda empat dengan kendaraan beroda empat lainnya.

Tujuan Dan Fungsi Clutch Aligning Tool Serta Cara Menggunakannya Tujuan Dan Fungsi Clutch Aligning Tool Serta Cara Menggunakannya

Umumnya clutch aligning tool seakan-akan yang dimiliki bengkel resmi tidak diperjualbelikan secara bebas, tetapi kita sanggup tetap membeli clutch aligning tool model universal yang umumnya dipersiapkan per set sehingga sanggup digunakan pada jenis dan model kendaraan beroda empat yang berbeda-beda.


Fungsi clutch aligning tool


Fungsi clutch aligning tool ialah untuk meluruskan posisi kampas kopling (clutch disc) agar benar-benar berada di posisi tengah sebelum baut clutch cover (pressure plate) dikencangkan.

Jika dalam pemasangannya kampas kopling tidak berada ditengah-tengah, maka pemasangan transmisi ke mesin akan sangat sulit, bahkan sanggup merusak komponen kampas koplingnya itu sendiri.


Tujuan penggunaan clutch aligning tool


Setiap SST yang dibikin niscaya saja memiliki tujuan khusus, berikut ialah tujuan penggunaan clutch aligning tool di di saat pemasangan kampas kopling:
  1. Mencegah kerusakan kampas kopling di di saat pemasangan kembali transmisi
  2. Mempermudah mekanik di di saat memasang transmisi
  3. Mempercepat waktu dan proses pekerjaan

Baca juga :


Cara memakai clutch aligning tool


Langkah-langkah dibawah berikut ialah cara lazim yang dikerjakan sebagai cara memakai clutch aligning tool di di saat memasang kampas kopling.

Tujuan Dan Fungsi Clutch Aligning Tool Serta Cara Menggunakannya Tujuan Dan Fungsi Clutch Aligning Tool Serta Cara Menggunakannya
  1. Bersihkan seluruh permukaan flywheel dan pressure plate dengan thinner bensin atau cairan pembersih yang lain untuk menghalangi terjadinya selip antara kampas kopling, flywheel, dan clutch cover.
  2. Ambil kampas kopling , kemudian pasang clutch aligning tool tepat pada lubang yang ada ditengah tengah kampas kopling. Pastikan kampas kopling sudah menghadap pada posisi yang benar dan tidak terbalik.
  3. Bersamaan dengan terpasangnya clutch aligning tool di kampas kopling, pasang kampas kopling ke flywheel. Masukkan ujung clutch aligning tool pada lubang pilot bearing sehingga kampas kopling sanggup bergantung bersama clutch aligning tool.
  4. Ambil clutch cover dan pasangkan ke flywheel sehingga menjepit kampas kopling. Pasang baut di sekeliling clutch cover dan kencangkan sesuai momen pengencangan.
  5. Pastikan clutch aligning tool sanggup dicabut dan dilepas dari kampas kopling, apabila seret dan keras, hal ini menandakan pemasangan kampas koplin belum tepat atau anda salah memakai model clutch aligning toolnya.
  6. Selesai dan kini anda siap melanjutkan pemasangan transmisi ke mesin.
Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon