Kamis, 10 September 2020

Tekanan kompresi pada mesin memiliki kiprah penting bagi mesin yang menggunakan sistem pembakaran dalam (Internal combustion engine) mirip yang banyak dipakai pada mobil-mobil masa kini.


Ya, tanpa adanya tekanan kompresi, campuran udara dan bahan bakar tidak sanggup bikin pembakaran yang anggun sehingga tenaga mesin juga tidak optimal. Tekanan kompresi memiliki ambang batas bawah dan ambang batas atas, baik pada kendaraan beroda empat untuk mesin bensin ataupun untuk kendaraan beroda empat dengan mesin diesel.

Tekanan kompresi pada mesin memiliki kiprah penting bagi mesin yang menggunakan sistem pemb Penyebab Tekanan Kompresi Tinggi Pada Mesin

Tekanan kompresi yang rendah sanggup membuat duduk halangan mesin (baca: 5 Akibat tekanan kompresi rendah pada mobil ), Begitu pula sebaliknya, tekanan tinggi juga sanggup berakibat buruk bagi mesin mirip mesin tidak bertenaga, ngelitik / knocking, sampai boros bahan bakar.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan menyebarkan berita duduk halangan kendaraan beroda empat perihal penyebab tekanan kompresi tinggi pada mesin. Simak infonya dibawah berikut ini.


1. Penumpukan kerak pada ruang bakar dan piston head


Penumpukan kerak pada ruang bakar dan piston head (kepala piston) ialah penyebab tekanan kompresi tinggi pada mesin yang memag terjadi secara alami. Penumpukan kerak di ruang bakar niscaya saja akan terjadi sekalipun mesin dalam kondisi normal.

Ya, tekanan kompresi tinggi lazimnya diawali dari keausan pada komponen mesin yang relevan dengan tekanan kompresi. Seperti misalnya keausan pada ring piston, dinding silinder, valve beserta sealnya, dan lain-lain.

Akibatnya oli mesin dengan mudahnya menyusup masuk ke ruang bakar sehingga ikut terbakar di ketika langkah kerja mesin terjadi. Oli yang terbakar tidak sepenuhnya terbakar dan akan meninggalkan residu serta tumpukan karbon sisa gas pembakaran yang menempel di seluruh kepingan dalam ruang bakar.

Tumpukan karbon ini kian lama akan kian banyak dan kian mengeras, bahkan cukup tebal dan menutupi kepingan atas dari kepala piston (piston head), sehingga lambat laun akan memperkecil volume ruang bakar yang efeknya jelas, akan meningkatan tekanan kompresi.


2. Cylinder head pernah di selip (bubut) melebihi batas ketebalan


Penyebab tekanan kompresi tinggi pada mesin yang berikutnya ialah tanggapan cylinder head pernah di selip (bubut) yang melebihi batas maksimal ketebalan yang diperbolehlan untuk pembubutan permukaan cylinder head. Kondisi ini lazimnya terjadi di ketika mesin pernah mengalami kebengkokan cylinder head tanggapan overheat.

Ya, di ketika mesin mengalami overheat (mogok tanggapan kepanasan) umunnya kerap bikin permukaan cylinder head melengkung, bahkan pada beberapa kejadian alam ada yang sampai bikin camshaft macet dan patah.

Salah satu solusi lazim yang kerap ditangani untuk meminimalisir biaya perbaikan ialah dengan melaksanakan selip (bubut) pada permukaan cylinder head. Meskipun dengan bubut ini sanggup menyelesaikan duduk halangan overheat, tapi sering kali juga akan muncul duduk halangan berikutnya adalah tekanan kompresi mesin menjadi lebih tinggi.

Ya, melaksanakan bubut pada permukaan cylinder head terang akan meminimalisir ketinggian dan posisi ruang bakar terhadap kepala piston. Disinilah jadinya terjadi penurunan volume ruang bakar secara menyeluruh sehingga akan meningkatkan tekanan kompresi pada mesin dan bikin tekanan kompresi menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca juga :


3. Menggunakan gasket cylinder head yang tipis (tidak sesuai spesifikasi)


Selain tanggapan di bubut, penyebab tekanan kompresi tinggi pada mesin juga sanggup diakibatkan oleh penggunaan gasket cylinder head yang lebih tipis dari pada gasket yang sebaiknya digunakan.

Hal ini sanggup terjadi pada mesin-mesin diesel, dimana dalam memilih ketebalan gasket cylinder head kita perlu mengukur piston projection (ketinggian kepala piston di ketika TMA dengan permukaan cylinder blok)

Ketika terjadi kesalahan dalam memilih berapa ketebalan gasket cylinder head yang dibutuhkan, maka kondisi ini akan membuat perubahan pada tekanan kompresi mesin, salah satunya ialah tekanan kompresi tinggi yang terjadi tanggapan gasket cylinder head terlalu tipis.

Artikel ini diarsipkan pada penjabaran : Masalah-Mobil Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon