Selasa, 15 September 2020

Ciri-Ciri Oli Mesin Yang Bagus - Pemilihan oli mesin memang seharusnya tidak dijalankan secara sembarangan alasannya salah menegaskan oli mesin sanggup berdampak buruk bagi komponen-komponen di dalam mesin, dan umumnya kerusakan akan terjadi sesudah jangka waktu penggunaan tertentu.

Oleh karenanya, pihak pabrikan kerap menganjurkan untuk menggunakan oli mesin yang juga disertakan dalam brand mereka ibarat misalnya Toyota Motor Oil (TMO) untuk oli kendaraan beroda empat Toyota, Suzuki Genuine Oil (SGO) untuk kendaraan beroda empat Suzuki, Mitsubishi Motor Genuine Oil (MMGO) untuk kendaraan beroda empat Mitsubishi, dan lain-lain.


Namun begitu, dalam buku manual anutan pemilik kendaraan, umumnya juga disertakan API service (grade oli) dan SAE (kekentalan oli) yang dianjurkan jikalau kita ingin menggunakan oli mesin diluar oli yang dipilih oleh pihak pabrikan. Dengan begitu, pemilik kendaraan juga memiliki kelonggaran dalam menegaskan oli mesin sesuai dengan hasrat mereka.

 Pemilihan oli mesin memang seharusnya tidak dijalankan secara sembarangan alasannya Ciri-Ciri Oli Mesin Yang Bagus

Lantas, bagaimana ciri-ciri untuk menegaskan oli mesin yang manis selain menyesuaikan SAE dan API service yang sudah direkomendasikan? Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi gosip terkait ciri-ciri oli mesin yang manis menurut pengalaman yang pernah ombro jalani.


1. Warna oli jernih


Ciri-ciri oli mesin yang manis yang paling biasa ialah warna oli yang jernih. Secara umum, oli mesin umumnya berwarna coklat, tetapi adapula warna lain yang juga banyak dipakai oleh produsen pembuat oli ibarat misalnya warna merah, warna kuning, atau bahkan ada yang berwarna hijau.

Meskipun warna oli mesin ini beragam, namun, ciri oli mesin yang manis memiliki warna yang jernih, tidak pekat, dan tidak keruh.

Berdasarkan pengalaman yang ombro ketahui, oli mesin yang dijual dari pihak produsen otomotif, sebagian besar memiliki warna oli yang jernih, tidak keruh dan tidak berwarna pekat, dan pastinya, oli yang dianjurkan pihak pabrikan secara biasa selalu berkualitas bagus.


2. Aroma dan wangi oli tidak berbau menyengat


Selain warna oli yang jernih, ciri oli mesin yang manis berikutnya ialah aroma wangi oli tidak berbau menyengat. Oli mesin memang memiliki busuk khas yang unik sehingga kita sanggup membedakan meskipun oli tersebut sudah digunakan.

Aroma oli yang tidak berbau menyengat menunjukan proses produksi yang natural, sedangkan aroma oli yang menyengat menunjukan adanya penggunaan pewangi yang sanggup saja tidak cocok dengan karakteristik mesin kendaraan beroda empat anda.


3. Terasa licin dikala diraba


Ciri oli mesin yang manis berikutnya ialah oli mesin terasa licin dikala diraba dengan kedua jari. Sesuai dengan fungsinya sebagai pelicin dan pelumas, maka sudah sewajarnya jikalau oli yang kita raba ini akan terasa licin dan tidak sanggup larut dengan air.

Untuk memastikannya, sanggup anda lakukan sesudah bungkus oli dibuka. Sentuhlah oli dengan jari telunjuk , lalu usapkan pada ibu jari (jempol). Jika oli terasa licin dan tidak kesat, ciri ini sanggup menjadi penanda oli mesin yang bagus. Hindari menggunakan oli mesin yang terasa kesat dan mudah hilang jikalau disiram air.


4. Tidak meninggalkan kotoran di dasar bungkus serpihan dalam


Ciri oli mesin yang manis juga sanggup diketahui melalui bungkus sesudah oli dituang habis. Perhatikanlah pada serpihan dasar di dalam bungkus oli tersebut. Oli yang manis umumnya tidak meninggalkan kotoran dan endapan di dasar kemasan. Jika anda mendapat adanya endapan dalam bungkus sesudah oli dituang habis, anda perlu mencurigai oli tersebut.

Baca juga :


5. Menggunakan bungkus yang merepotkan dipalsukan


Setiap produsen oli selalu berusaha untuk melindungi produknya dari tindakan pemalsuan. Salah satu caranya ialah menggunakan kemasan-kemasan khusus dengan desain yang merepotkan untuk dipalsukan.

Seperti misalnya, menggunakan desain tutup bungkus yang terus dikembangkan dan berganti tiap tahunnya, menggunakan sticker hologram, menggunakan material yang rusak sekali pakai, atau desain bungkus oli yang berbeda.

Ada baiknya buat anda untuk mencari gosip terlebih dahulu terkait bungkus terbaru dari oli mesin yang ingin anda pilih.


6. Warna oli berganti hitam sesudah penggunaan


Ciri oli mesin yang manis yang terakhir ombro ketahui ialah warna oli bermetamorfosis hitam sesudah digunakan. Saat oli baru diisikan ke dalam mesin, warna oli jernih. Setelah sekian lama oli digunakan, warna oli mesti bermetamorfosis hitam pekat.

Ciri ini menunjukan bahwa oli mesin menjalankan pekerjaan dengan baik untuk membilas dan membawa sisa-sisa kotoran hasil pembakaran mesin. Jika warna oli tidak berubah, sanggup jadi oli tidak bersirkulasi atau mutu oli yang tidak baik sehingga sanggup menciptakan kerusakan pada mesin. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon