Minggu, 27 September 2020

Cara Menetralisir Ukiran Pada Mobil - Bodi kendaraan beroda empat tergores atau baret-baret memang seiring waktu pasti akan terjadi, terlebih jikalau kendaraan beroda empat digunakan untuk perjalanan harian dan minim perawatan. Banyak faktor yang sanggup menjadi penyebab gesekan pada kendaraan beroda empat diantaranya, gesekan kuku tangan di saat membuka pintu, baret balasan menyerempet ranting-ranting pohon, atau terkena pentalan kerikil di jalan.

Goresan-goresan ini jikalau dibiarkan lambat laun akan merusak permukaan cat dan bahkan sanggup merusak penampilan kendaraan beroda empat seluruhnya. Oleh lantaran yakni itu diperlukanlah langkah-langkah pencegahan dan perbaikan mudah-mudahan kerusakan tidak menjalar sehingga menciptakan tampilan kendaraan beroda empat menjadi tidak mengenakan.

 Bodi kendaraan beroda empat tergores atau baret Cara Menetralisir Ukiran Pada Mobil

Salah satu cara hemat yang sanggup dilakukan yakni dengan menetralisir gesekan tersebut dikit demi sedikit. Dan tahukah anda bahwa untuk menetralisir gesekan ringan, anda sanggup melakukannya sendiri di rumah.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan meningkatkan tips cara menetralisir gesekan pada mobil. Namun sebelumnya kita perlu mengidentifikasi dan mengecek seberapa parah gesekan yang terjadi. Simak cara identifikasi gesekan pada kendaraan beroda empat mirip dibawah berikut ini...

I. Identifikasi / cek gesekan yang ada


Sebelum menetralisir gesekan pada mobil, ada baiknya kita memperhatikan goresannya terlebih dahulu. Ada gesekan yang masih sanggup dihilangkan dan adapula gesekan yang sudah tidak sanggup dihilangkan kecuali dengan melaksanakan cat ulang. Dibawah berikut adalah referensi baret dan gesekan pada kendaraan beroda empat

Goresan Ringan

Goresan ringan yakni gesekan yang tidak terlalu mempunyai dampak pada permukaan cat. Biasanya gesekan ini timbul lantaran yakni permukaan dari benda yang terserempet ikut menempel pada bodi kendaraan beroda empat yang berserempetan. Perhatikan referensi gesekan ringan yang ada pada gambar dibawah ini

 Bodi kendaraan beroda empat tergores atau baret Cara Menetralisir Ukiran Pada Mobil

Mengatasi gesekan ringan, lazimnya cukup dengan menggunakan scratch remover guna menetralisir gesekan yang ada, selanjutnya menambahkan cairan polish untuk mengkilapkan warna dan menyempurnakan hasil pemolesan.

Goresan Sedang

Goresan sedang yakni gesekan yang mempunyai dampak pada permukaan cat tapi tidak menciptakan cat tersebut mengelupas seluruhnya. Bekas kuku pada body akrab handle pintu atau serempetan dengan semak-semak dan tanaman dijalan adalah salah satu referensi gesekan sedang. Perhatikan contohnya mirip gambar dibawah berikut.

 Bodi kendaraan beroda empat tergores atau baret Cara Menetralisir Ukiran Pada Mobil

Mengatasi baret / gesekan sedang, lazimnya diharapkan bahan penghilang gesekan yang cukup kokoh mirip contohnya rubbing compound (kompon) atau heavy duty cleaner yang kemudian dilanjutkan dengan menambahkan polesan dengan cairan polish untuk menyamarkan dan mengkilapkan kembali warna pada bodi mobil.

Goresan Dalam

Goresan dalam yakni gesekan yang menciptakan permukaan cat pada kendaraan beroda empat terkelupas. Untuk body dengan bahan plastik, lazimnya akan tampak warna hitam plastik. Sedangkan untuk body kendaraan beroda empat dengan bahan plat akan tampak warna silver/ perak mirip warna logam. Perhatikan referensi gesekan dalam mirip gambar dibawah ini.

 Bodi kendaraan beroda empat tergores atau baret Cara Menetralisir Ukiran Pada Mobil

Untuk menetralisir baret /goresan dalam pada bodi kendaraan lazimnya hanya sanggup dilakukan dengan mengecat ulang body yang tergores tersebut.

Dari identifikasi /cek gesekan yang ada, maka cara untuk menetralisir gesekan pada kendaraan beroda empat hanya sanggup dilakukan jikalau yang terjadi yakni gesekan ringan dan gesekan sedang. Sedangkan untuk gesekan dalam anda perlu mengecat ulang belahan tersebut.

Baca juga :


II. Cara menetralisir baret / gesekan pada mobil


Dibawah berikut adalah langkah-langkah dan cara menetralisir gesekan pada mobil

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Untuk gesekan ringan dan gesekan sedang, maka kita hanya membutuhkan beberapa alat saja yaitu:
  • Scratch remover atau rubbing compound
  • Cairan polish
  • Lap plas chamois (kanebo)
  • Beberapa lembar kain lap kering yang bersih
  • Sarung tangan
  • Air untuk membersihkan jikalau diperlukan

2. Bersihkan belahan yang tergores dari kotoran

Langkah selanjutnya yakni membersihkan terlebih dahulu belahan yang tergores dari kotoran dan debu yang ada. Hal ini penting dilakukan mudah-mudahan kotoran dan debu yang ada tidak menempel pada pasta scratch remover atau rubbing compound (kompon) lantaran yakni sanggup memperparah gesekan yang ada.

Jika hanya debu ringan, cukup bersihkan dengan kain lap yang bersih saja, tapi jikalau ada kotoran tanah, ada baiknya cuci terlebih dahulu dengan air bersih dan keringkan dengan lap plas chamois (konebo) dan lap kering.

3. Olesi rubbing compund pada permukaan yang tergores

Gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan anda. Kemudian ambil scratch remover atau rubbing compound secukupnya. Oleskan rubbing compound dengan gerakan melingkar diatas gesekan yang ada dengan menggunakan kain lap kering yang bersih.

Karena sifat rubbing compund ini keras, lakukan pemolesan dengan lembut. Jangan terlalu keras menekan lantaran yakni sanggup menciptakan cat terkikis lebih cepat. Ulangi pemolesan dengan rubbing compund pada belahan lainnya yang tergores hingga gesekan samar dan hilang.

4. Ulangi memoles hingga gesekan menjadi samar

Lakukan memoles dengan rubbing compound hingga seluruh gesekan yang ada terlihat samar dan menghilang. Pastikan seluruh gesekan yang ada sudah dicompound dengan merata hingga gesekan menghilang. Lalu bersihkanlah sisa compund dengan kain lap kering hingga bersih.

5. Gunakan cairan polish untuk menyempurnakan pemolesan

Langkah terakhir yakni dengan menggunakan cairan polish untuk membersihkan dan mengkilapkan bekas polesan yang ada. Gosokkan secara merata cairan polish ke belahan yang tergores. Lalu bersihkan semuanya dengan lap kering yang bersih. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon