Cara Cek Kebocoran Arus Aki Mobil - Masalah aki tekor dan soak memang tidak hanya sebatas pada sistem pengisian aki serta kualitas aki yang jelek saja, tapi juga sanggup di sebabkan oleh adanya kebocoran arus aki yang terjadi pada sirkuit kelistrikan di mobil.
Salah satu teladan kasusnya ialah saat aki kendaraan beroda empat sudah diganti gres tapi keesokan harinya aki sudah tidak lagi memiliki efek dipakai untuk menstarter mesin mobil. Padahal, aki kendaraan beroda empat tersebut baru, sudah di charge, dan seluruh unsur kelistrikan di kendaraan beroda empat sudah dalam posisi OFF / mati sebelum ditinggalkan.
Kondisi yang ibarat diatas mengindikasikan bahwa sudah terjadi kebocoran arus listrik dalam sirkuit kelistrikan di kendaraan beroda empat sehingga arus listrik yang tersimpan di aki terus menerus terbuang dan keluar dengan percuma. Arus yang bocor ini mengakibatkan aki kendaraan beroda empat menjadi cepat tekor dan soak.
Nah, untuk mengerti duduk duduk kendala kebocoran arus aki ini, ada dua macam sistem pengecekan yang sanggup dilaksanakan yakni :
- I. Pengecekan kebocoran arus aki kendaraan beroda empat (parasitic load)
- II. Pengecekan kebocoran pelepasan tegangan permukaan (surface discharge)
Perhatikan langkah-langkah dibawah berikut yang akan berkata-kata cara cek kebocoran arus listrik aki kendaraan beroda empat
I. Pengecekan kebocoran arus aki kendaraan beroda empat (parasitic load)
Kebocoran arus aki kendaraan beroda empat ini kerap disebut sebagai parasitic load atau beban parasit. Beban parasit biasanya tercipta tamat adanya perangkat elektrik di kendaraan beroda empat yang terus mengalirkan arus listrik meskipun kunci kontak sudah dalam posisi OFF.
Berikut ialah langkah-langkah cara mengecek kebocoran arus aki kendaraan beroda empat (parasitic load)
- Siapkan multimeter digital dan set pada posisi DC amper
- Putar kunci kontak ke posisi LOCK atau OFF
- Matikan seluruh perangkat kelistrikan di kendaraan beroda empat ibarat AC, lampu-lampu, dan tutup seluruh pintu rapat-rapat (untuk keamanan, buka kaca jendela untuk mencegah pintu terkunci sendiri saat pemeriksaan)
- Lepas kabel terminal negatif aki
- Hubungkan kabel aktual multimeter ke kepala terminal negatif aki
- Hubungkan kabel negatif multimeter ke kabel terminal negatif aki ibarat terlihat pada gambar dibawah ini
- Baca nilai arus listrik yang mengalir dan perhatikan kondisinya pada tabel dibawah berikut ini
Hasil pengukuran | Kondisi aki |
---|---|
0.02 - 0.07 Ampere | Normal |
> 0.1 Ampere | Terjadi kebocoran arus |
Catatan:
Tunggulah 2-3 menit setelah melepas terminal negatif aki untuk menyeleksi seluruh unsur kelistrikan dimobil sudah benar-benar off sebelum kita mengerjakan pengukuran beban parasit.
Baca juga :
- 6 Penyebab aki kendaraan beroda empat tekor dan soak
- Penyebab aki kendaraan beroda empat tidak mengisi
- Alat-alat ukur aki kendaraan beroda empat yang sering digunakan
II. Pengecekan kebocoran pelepasan tegangan permukaan (surface discharge)
Surface discharge atau kebocoran pelepasan tegangan permukaan terjadi tamat adanya aliran listrik dalam jumlah kecil yang mengalir diantara kedua kepala terminal aki (positif dan negatif) melalui permukaan kotak aki. Umumnya, surface discharge terjadi tamat kepala aki dalam kondisi sedikit lembab, basah, dan kotor (banyak kerak atau debu).
Berikut ialah langkah-langkah pengecekan surface discharge
- Putar kunci kontak ke posisi OFF, matikan lampu-lampu, AC, dan tutup semua pintu mobil
- Siapkan multimeter digital dan set pada posisi DC volt
- Hubungkan kabel negatif multimeter dengan kepala terminal negatif aki
- Hubungkan kabel aktual multimeter dengan permukaan atas boks aki ibarat terlihat pada gambar dibawah ini
- Baca nilai tegangan listrik yang mengalir. Jika tegangan yang mengalir lebih dari 0.5 volt, kerjakan pembersihan permukaan boks aki terutama pada belahan seputar kepala terminal aki dan keringkan.
EmoticonEmoticon