Selasa, 29 September 2020

Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem - Bagi kendaraan roda 4 ibarat mobil, keberadaan rem tangan memiliki faedah penting yang sangat diinginkan bagi setiap pengemudi, baik dikala berkendara atau dikala akan meninggalkan kendaraan dalam posisi parkir.

Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem

Ya, setidaknya ada 5 fungsi rem tangan yang cukup penting bagi kendaraan beroda empat diantaranya :
  • Mencegah kendaraan beroda empat bergerak sendiri dikala parkir
  • Membantu dikala kendaraan beroda empat berhenti di lampu merah
  • Membantu dikala di jalan menanjak
  • Membantu dikala melaksanakan manuver ekstrim (drifting)
  • Membantu pengereman dikala rem utama blong

Untuk warta lengkapnya perihal fungsi rem tangan, silahkanbaca pada postingan Fungsi rem tangan yang sudah pernah ombro posting sebelumnya.

Oleh alasannya merupakan yaitu begitu pentingnya fungsi rem tangan bagi kendaraan roda empat, kendaraan beroda empat khususnya, maka perawatan dan penyetelan terpola rem tangan ini sangat perlu dilakukan secara rutin.

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan berbagi warta seputar cara menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol rem. Namun begitu, oleh alasannya merupakan yaitu model tromol yang dipakai tiap-tiap kendaraan beroda empat berbeda, diartikel kali ini, ombro hanya akan menampilkan warta cara menyetel rem tromol model "leading trailing" yang lazimnya sudah banyak dipakai. Baca: Mengenal rem tromol mobil

Ciri kendaraan beroda empat yang memakai rem tromol kendaraan beroda empat ini yaitu rem belahan belakangnya hanya rem tromol (tidak ada cakramnya), selain itu, hanya memiliki satu karet penutup setelan rem yang letaknya di belahan atas backing plate bersahabat dengan pipa rem.


Alat-alat yang diinginkan untuk menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol
  1. Obeng min panjang
  2. Dongkrak (dongkrak model buaya lebih disarankan)
  3. Jackstand
  4. Sleeper / Kardus untuk ngolong
  5. Pengganjal ban

Setelah alat-alat lengkap, tentukan untuk memarkir kendaraan pada posisi lantai yang rata dan tidak miring. Dibawah berikut yaitu cara menyetel rem tangan dari tromol.

1. Ganjal ban depan mobil


Untuk keamanan, sebelum menyetel rem tromol kendaraan beroda empat belahan belakang, langkah awal yang wajib dilakukan yaitu ganjal ban depan dengan balok, kayu, atau watu yang cukup memiliki efek untuk mengganjal.

Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem

Ganjal ban ini berfungsi untuk menghambat kendaraan beroda empat bergeser dengan sendirinya kedpean atau kebelakang dikala kita meyetel rem tromol belakang. Ganjallah roda depan di belahan depan dan belakangnya.


2. Dongkrak belahan belakang kendaraan beroda empat


Gunakan dongkrak untuk mengangkat belahan belakang mobil. Usahakan roda belakang kendaraan beroda empat dapat terangkat ke dua-duanya dan praktis untuk diputar dengan tangan. Ada baiknya anda memakai dongkrak buaya alasannya merupakan yaitu lebih praktis dan mempercepat pekerjaan.

Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem

Selain itu, pilih dongkrak yang kekuatannya dapat untuk mengangkat belahan belakang kendaraan beroda empat (untuk kendaraan beroda empat mpv sedan, cukup memakai dongkrak ukuran 1-3 ton)

Untuk keamanan selanjutnya, ganjallah bodi kendaraan beroda empat dengan jack stand. Pastikan posisi jackstand berada di rangka kendaraan beroda empat atau letakkan di belahan yang memiliki efek untuk menopang bodi belakang kendaraan beroda empat dikala diangkat. Pastikan kedudukan jack stand benar-benar memiliki efek dan stabil sebelum menyetel rem tromol.


3. Periksa ketinggian awal rem tangan


Periksalah terlebih dahulu ketinggian awal rem tangan sebelum disetel. Tarik penuh rem tangan sampai roda belakang bener-benar terkunci. Putar roda belakang dengan tangan untuk tentukan rem tangan terkunci atau tidak.

Ketinggian rem tangan yang masuk akal sampai ban belakang terkunci penuh yaitu jumlah klik yang terdengar dikala tuas rem tangan ditarik berjumlah 6 - 7 klik. Jika jumlah klik yang terdengar lebih dari 7 klik, maka rem tangan sudah harus di setel ulang.


4. Posisikan ketinggian tuas rem tangan pada 6-7 klik


Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem

Untuk menyetel rem tangan, maka posisikan terlebih dahulu ketinggian tuas rem tangan pada posisi 6-7 klik dari posisi awal tuas ditarik. Biarkan posisi tuas rem tangan tetap dalam posisi setinggi 6-7 klik tadi.


5. Buka karet penutup setelan rem


Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem

Ambil sleeper atau kardus, dan juga siapkan obeng minus panjang untuk membuka karet penutup setelan rem. Posisi karet penutup setelan rem ini lazimnya terletak bersahabat dengan pipa rem. Congkel karet penutup setelan rem untuk membuka lubang setelen rem.


6. Setel rem tangan


Untuk menyetel rem tangan, masukkan obeng min kedalam lubang setelan rem tangan. Dari lubang ini, arahnya akan terhubung dengan baut setelan rem tangan yang jikalau diputar akan merenggangkan atau mengencangkan jepitan kampas rem ke tromol.

Gerakkan obeng min dengan arah mengungkit ke atas sampai terasa bunyi klik-klik. Lanjutkan gerakan tersebut untuk merenggangkan jepitan rem sambil memutar roda dengan tangan sampai roda terasa bebas berputar.

Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem

Tujuan dari membebaskan roda terlebih dahulu yaitu untuk tentukan dikala roda sudah dalam kondisi bebas dan jarak kampas rem yang akan disetel antara kanan dan kiri dapat sama rata.

Jika roda sudah berputar bebas, maka gerakkan obeng min dengan arah sebaliknya yaitu mengungkit ke bawah untuk mengencangkan jepitan rem. Sambil mengungkit obeng, cobalah putar roda dengan tangan sampai terasa seret dan rem mulai bergesek.

Putar kembali setelan rem dengan obeng min sampai roda benar-benar macet dan tidak sanggup diputar dengan tangan. Setelah roda benar-benar macet tidak sanggup diputar dengan tangan, kendurkan setelan rem sebanyak 1-2 klik.

Catatan:
Pada beberapa model kendaraan, arah congkel baut penyetel dapat saja terbalik, jadi coba congkel sedikit demi sedikit sampai anda sanggup memahami arah yang benar untuk merenggangkan atau mengencangkan.

Setelah selesai menyetel rem tangan, pasang kembali karet penutup setelan rem tangan untuk menghambat air atau kotoran masuk ke dalam rem tromolnya.

Lakukan cara yang sama ibarat diatas untuk menyetel rem tromol kendaraan beroda empat pada roda belakang sisi yang sebelahnya. Usahakan kerjakan dengan cara yang sama sehingga kekencangan rem tangan dapat sama rata antara kanan dan kiri.


7. Periksa ketinggian tuas rem tangan


Setelah penyetelan pada kedua roda belakang selesai, hal terakhir yang harus dilakukan yaitu menyelediki ketinggian tuas rem tangan. Bebaskan/lepas rem tangan lalu coba tarik penuh kembali.

Rem tangan yang masuk akal akan berbunyi 6-7 klik dikala tuas ditarik penuh keatas. Disaat yang bersamaan, roda belakang akan mengerem dan terkunci kuat. Cobalah putar roda belakang dengan tangan untuk tentukan bahwa rem tangan sudah mengunci roda.


8. Turunkan kendaraan, tes rem tangan sekali lagi dan rapihkan alat-alat


Setelah yakin bahwa rem tangan sudah di setel dengan baik, gunakan dongkrak untuk mengeluarkan jackstand, lalu turunkan kendaraan secara hati-hati. Rapihkan seluruh alat yang ada dan tes kembali fungsi rem tangan. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon