Rabu, 30 September 2020

3 Cara Membersihkan Injektor Kendaraan Beroda Empat Yang Biasa Dilakukan - Jika menyampaikan perihal injektor mobil, pasti saja kita akan teringat pada sebuah komponen yang berfungsi untuk mengganti materi bakar berbentuk cair menjadi kabut dan menyemprotkannya ke dalam ruang bakar.

Ya, injektor mempunyai kiprah penting supaya materi bakar yang diinjeksikan ke dalam mesin sudah dalam bentuk kabut dan uap materi bakar. Dengan begitu, mesin sanggup menjangkau apa yang dinamakan "pembakaran sempurna" sehingga tenaga mesin sanggup dicapai secara maksimal.

Jika injektor bermasalah, mesin juga akan mengalami beberapa duduk halangan sehingga tidak nyaman digunakan mirip misalnya brebet, pincang, kurang tenaga, rpm tidak stabil di dikala idling , dan lain-lain. Dalam hal ini, pembersihan injektor umumnya menjadi salah satu pilihan perbaikan yang hendak muncul untuk menangani masalah-masalah tersebut.


Dari apa yang sudah ombro ketahui, setidaknya ada 3 cara untuk membersihkan injektor mobil, dari yang termudah tanpa membongkar injektor hingga keharusan untuk melepas injektor dari mesin di dikala pembersihan dilakukan.

Dibawah berikut ini ialah 3 cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat yang lazim dijalankan di bengkel mobil...

1. Mencampurkan cairan pembersih ke dalam tangki materi bakar


 Cara Membersihkan Injektor Kendaraan Beroda Empat Yang Biasa Dilakukan 3 Cara Membersihkan Injektor Kendaraan Beroda Empat Yang Biasa Dilakukan

Cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat pertama dan yang paling banyak dijalankan ialah dengan mencampurkan cairan pembersih injektor ke dalam tangki materi bakar. Cara ini sangatlah simpel alasannya kita tidak perlu melakukan pembongkaran injektor yang memang membutuhkan keahlian mekanik, ketelitian, serta kehati-hatian.

Cukup dengan mencampurkan cairan pembersih injektor dalam jumlah perbandingan tertentu ke dalam tangki materi bakar maka cairan pembersih akan larut ke dalam materi bakar tersebut.

Bersama materi bakar, cairan pembersih akan mengalir menuju ke injektor untuk membersihkan kepingan dalam injektornya. Disaat yang sama, kendaraan beroda empat sanggup digunakan dan dikendarai untuk keperluan harian.

Meskipun cara ini terbilang yang paling mudah, tapi cara ini mempunyai dampak pembersihan yang kurang optimal bagi injektor. Hal ini dikarenakan cairan pembersih sudah terkontaminasi dengan kotoran dari tangki materi bakar, filter materi bakar, hingga pipa dan selang materi bakar yang menuju ke injektor.

Efeknya pasti saja tidak akan semaksimal mirip cara membersihkan injektor yang injektornya di bongkar dari mesin. Selain itu, kotoran yang ada di dalam injektor dan materi bakar, pada kesannya juga akan "nyangkut" di dalam ruang bakar sehingga mempunyai kesempatan menjadi deposit yang menciptakan mesin kendaraan beroda empat ngelitik.


2. Menggunakan alat khusus pembersih injektor


 Cara Membersihkan Injektor Kendaraan Beroda Empat Yang Biasa Dilakukan 3 Cara Membersihkan Injektor Kendaraan Beroda Empat Yang Biasa Dilakukan

Cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat yang kedua ialah dengan memakai alat khusus pembersih injektor. Alat khusus ini umumnya hanya dimiliki oleh bengkel-bengkel kendaraan beroda empat yang mempunyai grade menengah keatas mirip bengkel-bengkel resmi di kota-kota besar ataupun bengkel lazim yang khusus menangani duduk halangan injektor mobil.

Membersihkan injektor dengan memakai alat khusus pembersih injektor ini mewajibkan injektor di bongkar dan di keluarkan dari mesin. Setelah injektor di lepas dari mesin, injektor akan di rendam dalam cairan khusus pembersih dalam sebuah wadah yang hendak bergetar dengan getaran ultrasonic.

Getaran ultrasonic ini akan menciptakan cairan pembersih lebih simpel untuk merontokkan kotoran di dalam injektor . Setelah di rendam dan digetarkan, selanjutnya injektor akan dipasang pada tabung-tabung kaca supaya hasil penyemprotan dan pengabutan sanggup dinilai menurut voluma materi bakar berbading dengan waktu injeksi yang dijalankan alat tersebut.

Jika hasilnya bagus, maka injektor siap dipasang kembali ke mesin, jikalau hasilnya masih kurang , maka injektor akan kembali direndam dan dibersihkan kembali.

Untuk hasilnya, cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat dengan cara mirip ini ialah yang paling anggun dari ke dua cara lainnya. Injektor sanggup lebih bersih dan keakuratan volume injeksinya pun sanggup diukur dengan benar, tapi alat pembersih injektor yang mirip ini meliputi mahal sehingga biaya untuk pembuatan membersihkan injektor juga akan mahal.

Baca juga :


3. Menyemprotkan cairan pembersih langsung ke dalam injektor


 Cara Membersihkan Injektor Kendaraan Beroda Empat Yang Biasa Dilakukan 3 Cara Membersihkan Injektor Kendaraan Beroda Empat Yang Biasa Dilakukan

Cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat yang terakhri lazim dijalankan ialah dengan menyemprotkan cairan pembersih (injektor cleaner) langsung ke dalam lubang injektornya. Cara ini juga mewajibkan injektor dilepas secara total dari mesin sehingga diinginkan tenaga mekanik yang terliti dan paham bagaimana cara buka injektor yang benar.

Pada dasarnya, cara ini mirip seakan-akan dengan cara memakai alat pembersih injektor, tapi cara pengerjaannya manual dan umumnya tidak melalui proses perendaman ke dalam cairan pembersih terlebih dahulu.

Injektor yang sudah dilepas dari mesin akan dipasangkan dengan sebuah kabel. Kabel ini nantinya akan dihubungkan ke aki kendaraan beroda empat untuk mengaktifkan injektor supaya terbuka atau tertutup.

Dibagian injektor kawasan materi bakar masuk, dipasangkan semprotan injektor cleaner. Jadi di dikala injektor di aktifkan, semprotan ini di fungsikan sehingga cairan pembersih akan mengalir dan membersihkan sisi kepingan dalam dari injektor.

Proses pembersihan dianggap selesai jikalau hasil semprotan yang keluar dari injektor sudah berbentuk spray kabut dan mengalir dengan tanpa halangan (tidak mampet atau semprotannya mengecil).

Untuk hasilnya, cara mirip ini sanggup sama dengan yang memakai alat pembersih injektor, tapi resiko injektor rusak simpulan terlalu lama dalam posisi ON (terbuka) juga perlu dipertimbangkan mengingat harga injektor yang cukup mahal. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Sumber https://montirnesia.blogspot.com/


EmoticonEmoticon